Fungsi Pemasaran Pengantar Bisnis (Pembahasan Terlengkap) – Pemasaran sangat erat kaitannya dengan bisnis. Tidak mungkin ada bisnis yang tidak menggunakan pemasaran. Begitu pun sebaliknya, bisnis tidak akan maju dan berkembang jika tidak ada pemasaran.
Pemasaran mempunyai peranan dan fungsi yang sangat penting dalam sebuah bisnis. Trik pemasaran yang baik akan mempunyai pengaruh yang positif pula dalam berbisnis.
Fungsi Pemasaran Pengantar Bisnis (Pembahasan Terlengkap)
Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan tentang fungsi pemasaran. Berikut penjelasannya.
Fungsi Pemasaran
Phillip Kotler dan Gary Amstrong menyatakan bahwa pemasaran adalah sebuah proses di mana perusahaan menciptakan nilai untuk pelanggan atau konsumen serta membangun suatu hubungan yang kuat dengan pelanggannya dengan tujuan mendapatkan nilai dari pelanggan sebagai imbalannya.
Fungsi pemasaran merupakan sebuah kegiatan yang dilaksanakan guna menyelesaikan suatu proses pemasaran. Fungsi pemasaran dilakukan oleh produsen dan lembaga-lembaga yang ada di dalamnya, sepertti asuransi, bak dan usaha pengangkutan.
Di dalam fungsi manajemen pemasaran, terdapat aktivitas menganalisis mengenai apa yang akan dilakukan guna mengetahui pasar dan lingkungan pemasaran. Dengan begitu, akan diketahui besaran peluang dalam mengambil pasar serta kemungkinan akan ancaman yang harus dihadapi dalam pemasaran.
Ada tujuh fungsi pemasaran seperti berikut :
Analisa Konsumen
Analisa konsumen adalah suatu observasi akan semua keinginan dan kebutuhan konsumen. Dalam menganlisa konsumen, proses yang dilakukan meliputi survey konsumen, menganlisa informasi konsumen, evaluasi lokasi, mengembangkan dan menentukan strategi terhadap segmentasi pasar secara maksimal.
Penjualan Barang dan Jasa
Penjualan produk berupa barang dan jasa melibatkan banyak aktivitas dalam pemasaran, seperti promo penjualan, hubungan antar-dealer, iklan, manajemen tenaga penjualan, hubungan konsumen dan publisitas.
Perencanaan Produk
Perencanaan produk perlu dilakukan terhadap barang dan jasa, misalnya beragam kegiatan pengemasan produk, gaya produk, pemosisian produk dan merek, uji pemasaran, penghapusan produk lama, penyediaan garansi dan pemanfaatan layanan konsumen.
Di antara semua itu, uji pasar merupakan salah satu teknik perencanaan barang dan jasa yang paling efektif sebab uji pasar memungkinkan suatu organisasi untuk menguji rencana-rencana pemasaran alternatif lain serta memprediksi penjualan produk baru.
Penetapan Harga
Pemangku kepentingan (stake holder) mempunyai pengaruh yang sangat penting dalam hal keputusan penetapan harga. Ada lima pemangku kepentingan dalam hal ini yaitu pemasok, konsumen, pemerintah, pesaing dan distributor.
Distribusi
Proses distribusi terdiri dari berbagai kegiatan, seperti kurir transportasi, penjualan grosir, cakupan distribusi, saluran-saluran distribusi, tingkat dan lokasi persediaan, penggudangan, ritel dan lokasi ritel. Proses distribusi menjadi sangat penting pada saat suatu perusahaan mengupayakan penerapan strategi pengembangan pasar atau rencana ke depan.
Riset Pemasaran
Riset pemasaran adalah suatu kegiatan mengumpulkan, mencatat, dan menganalisa suatu data yang sistematis terkait berbagai jenis persoalan yang berhubungan dengan pemasaran. Akitivitas riset ini sangat menunjang fungsi bisnis pokok dalam suatu organisasi.
Analisis Peluang
Kegiatan analisis peluang meliputi penilaian akan biaya, resiko serta manfaat sehubungan dnegan pemasaran. Terdapat 3 cara yang wajib dilakukan untuk membuat analisis-biaya-manfaat (cost-benefit-analysis), yakni :
- Menghitung keseluruhan total biaya yang berhubungan dengan pengambilan suatu keputusan.
- Memprediksi semua manfaat total dari keputusan yang telah dibuat.
- Melakukan perbandingan antara total biaya yang dikeluarkan dengan manfaat yang didapat. Apabila manfaat yang diharapkanlebih besar daripada total biaya yang dikeluarkan, maka peluang pemasaran tersebut akan menjadi lebih menarik dan menjanjikan.
Pemasaran memang perlu dilakukan dalam suatu bisnis juga memperoleh cakupan pasar yang lebih luas dan manfaat yang lebih banyak yang berujung pada laba yang meningkat. Menginagat pentingnya kegiatan pemasaran dalam suatu bisnis, maka pemasaran harus dilakukan dengan pertimbangan-pertimbangan seperti di atas.
Demikian penjelasan tentang materi Fungsi Pemasaran Pengantar Bisnis (Pembahasan Terlengkap), semoga dapat dipahami dengan mudah dan menambah wawasan pembaca seputar pemasaran. Silakan baca artikel-artikel menarik kami lainnya. Terima kasih.