25 Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli (Terlengkap)

25 Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli (Terlengkap) – Untuk pembahasan mengenai artikel kali ini kita akan membahas mengenai administrasi. Tentu saja sudah sering kali kita mendengar dan juga membaca kata administrasi. Baik itu di dalam sebuah lowongan kerja ataupun ketika kita akan melakukan pembayaran baik pembelian barang atau juga jasa.

Tetapi walaupun kita sudah sering mendengar kata administrasi, tentu masih banyak yang belum bisa menjelaskan tentang pengertian administrasi itu sendiri.

25 Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli (Terlengkap)

Mari untuk dapat lebih jelasnya kita bahas penjelasan dibawah ini.

Pengertian Administrasi

Kata administrasi yang berasal dari bahasa yunani yaitu administrasi yang mempunyai arti pengabdian atau juga pelayanan. Di dalam pandangan yang sempit mengenainya ada dua yaitu yang pertama ialah merupakan suatu kegiatan di dalam penyusunan dan juga pencatatan dari sebuah data serta informasi yang secara sistematis dan bertujuan untuk dapat menyediakan berbagai keterangan serta dapat memudahkan agar dapat memperolehnya kembali baik itu sebagian atau juga keseluruhan.

Sedangkan pengertian yang kedua ialah merupakan suatu kegiatan yang berkaitan dengan sebuah kerja sama yang dilakukan suatu kelompok. Dengan berdasarkan pembagian tugas ataupun kerja yang mendayagunakan dari semua sumber daya yang dimilikinya agar bisa mengapai tujuan tertentu.

Dan selain dari penjelasan yang telah diberikan mengenai pengertian dari administrasi ada beberapa para ahli yang memberikan ide dan gagasannya mengenai pengertian administrasi, untuk itu mari kita lanjutkan pembahasan di bawah  ini.

Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli

Di dalam segala teori yang ada di setiap pengetahuan ataupun sebuah pengertian dari berbagai macam hal, tentu terdapat banyak penjelasan dan juga ide serta gagasan yang diberikan oleh para ahli, begitu pula dengan ini ada beberapa penjelasan dari para ahli agar dapat lebih jelas mari kita lanjutkan pembahasan di bawah ini.

W.H. Evans

Menurutnya ini ialah sebuah fungsi yang berkaitan dengan manajemen dan juga pengarahan dari segala tahap operasi perusahaan yang juga berkenaan dengan sebuah pengelohan keterangan, komunikasi serta ingatan dengan sebuah ketatausahaan.

Soewarno Handayaningrat

Menerangkan bahwa ini ialah sebuah kegitan dari ketatausahaan yang juga terdiri dari berbagai kegiatan seperti berikut pembukuan baik itu perhitungan, pencatatan atau juga yang lainnya yang bertujuan agar menyediakan informasi yang dibutuhkan.

Tetapi di dalam arti yang sempit, menurut beliau ialah merupakan sebuah kegiatan dari catat mencatat atau juga sebuah pembukuan, surat menyurat dan juga yang lainnya yang masih berkaitan dengan ketatausahaan.

Ulbert

Memberikan pemikiran sebuah istilah yang lain dari tata usaha yang mana sebagian dari penyusunan dan juga pencatatan data serta informasi yang secara sistematis baik itu internal atau juga eksternal yang bertujuan untuk menyediakan keterangan dan juga untuk memudahkan di dalam memperoleh data baik itu sebagian ataupun secara menyeluruh.

11 Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli Terlengkap
11 Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli Terlengkap

William Leffingwell dan Edwin Robinson

Berpendapat salah satu dari cabang ilmu manajemen yang mengenai sebuah pelaksanaan dari pekerjaan kantoran secara efisien, dimana serta kapan pekerjaannya harus dilaksanakan.

George Terry

Menjelaskan adalah sebuah proses dari perencanaan, pengendalian, pengorganisasian, serta penggerakan pada orang-orang yang melaksanakannya supaya bisa mencapai tujuan yang diinginkan.

Arthur Grager

Merupakan sebuah fungsi dari tata penyelenggaraan kepada komunikasi dan juga pelayanan di dalam sebuah organisasi.

The Liang Gie

Menjelaskan bahwa serangkaian dari kegiatan yang dilakukan suatu kelompok yang berkenaan dengan hubungan kerjasama di dalam mencapai suatu tujuantertentu.

Sondang Siagian

Menjelaskan tentang keseluruhan dari rangkaian proses kerjasama diantara beberapa orang yang didasarkan kepada asas rasioanalitas agar bisa mencapai tujuan yang sudah ditentukan.

Munawardi Reksohadiprowiro

Di dalam sebuah arti yang sempit yang diartikan sebagai pemerintahan, yang termasuk juga di dalam pengaturan. Setiap kerapian dan juga sistematis sebagai penentu fakta yang ditulis dengan suatu tujuan. Ini agar memperoleh pandangan yang komprehensif serta keterkaitan diantara fakta dengan fakta yang lainnya.

Wijaya

Menerangkan sebuah kombinasi dari seluruh negara dari biaya rendah dan juga tinggi untuk menjalankan pemerintahan dan juga polisi pelaksanaan.

Leonard D. White (1958)

Administrasi ialah sebuah proses yang umum yang ada di seluruh kelompok di kedua perusahaan publik ataupun perusahaan swasta.

Syamsi

Syamsi menyatakan bahwa administrasi mencakup seluruh kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam usaha bersama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Pemahaman ini menekankan kolaborasi dan koordinasi dalam mencapai hasil yang diinginkan.

Saafroedin Bahar

Saafroedin Bahar menyoroti pentingnya proses penyelenggaraan dalam mencapai tujuan tertentu melalui kerja sama kelompok manusia. Pendekatan ini menekankan pentingnya sinergi dalam mencapai hasil yang diinginkan.

Soetarto dan Soewarno

Menurut Soetarto dan Soewarno, administrasi melibatkan proses pengelolaan dan penyelenggaraan kegiatan dalam kerja sama sekelompok manusia untuk mencapai tujuan bersama. Pendekatan ini menekankan pentingnya koordinasi dalam mencapai hasil yang diinginkan.

Abdulrachman

Abdulrachman menyatakan bahwa administrasi mencakup berbagai kegiatan yang terkait dengan tata usaha, seperti penerimaan surat, penyimpanan dokumen, dan pencatatan. Pendekatan ini memperluas pengertian administrasi untuk mencakup berbagai aspek pekerjaan yang berkaitan dengan pengelolaan informasi.

Handayaningrat

Handayaningrat menjelaskan bahwa administrasi melibatkan kerja sama kelompok untuk mencapai tujuan bersama. Pendekatan ini menekankan pentingnya kolaborasi dalam mencapai hasil yang diinginkan.

Atmosudirjo

Atmosudirjo menggambarkan administrasi sebagai proses dan tata kerja yang terdapat dalam berbagai jenis usaha, baik itu di sektor publik maupun swasta. Hal ini menunjukkan bahwa administrasi memiliki relevansi yang luas dalam berbagai konteks organisasi.

Soepardi

Soepardi menyatakan bahwa administrasi mencakup proses kerja sama kelompok untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Pendekatan ini menekankan pentingnya kolaborasi dalam mencapai hasil yang diinginkan.

Achmad Ichsan

Achmad Ichsan membagi definisi administrasi menjadi dua, yakni sebagai tata pelaksanaan dan tata hukum. Pendekatan ini menekankan pentingnya pemahaman tentang aspek organisasi dan manajemen dalam administrasi.

Harris Muda Nasution

Harris Muda Nasution memandang administrasi sebagai kegiatan tata usaha yang melibatkan pengaturan berbagai aspek pekerjaan yang berkaitan dengan administrasi tulis-menulis, surat-menyurat, dan pencatatan. Pendekatan ini menyoroti pentingnya aspek teknis dalam menjalankan administrasi.

Sutisna

Menurut Sutisna, administrasi mencakup proses penyelenggaraan yang melibatkan sumber daya manusia dan materiel untuk mencapai tujuan organisasi secara efisien. Pendekatan ini menyoroti pentingnya pengelolaan sumber daya dalam administrasi.

Trisna

Trisna menyatakan bahwa administrasi melibatkan proses penyelenggaraan dalam kerja sama rasional dan efisien untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Pendekatan ini menyoroti pentingnya perencanaan dan pengorganisasian dalam administrasi.

Hendi Haryadi

Hendi Haryadi menjelaskan bahwa administrasi mencakup kegiatan tata usaha yang melibatkan pengelolaan dan dokumentasi data serta informasi. Pendekatan ini menekankan pentingnya pengelolaan informasi dalam administrasi.

Ngalim Purwanto

Ngalim Purwanto memandang administrasi sebagai upaya untuk membantu, melayani, dan mengarahkan berbagai kegiatan dalam mencapai tujuan tertentu. Pendekatan ini menyoroti peran administrasi dalam mendukung keberhasilan organisasi.

Inu Kencana Syafiie, dkk

Inu Kencana Syafiie, dkk, menjelaskan bahwa administrasi melibatkan proses kerja sama antara dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Pendekatan ini menekankan pentingnya kolaborasi dalam mencapai hasil yang diinginkan.

Sekian penjelasan yang bisa di berikan secara singkat mengenai 25 Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli (Terlengkap), administarsi adalah proses dari perencanaan dan juga sebuah pengendalian.serta ada pula yang berpendapat bahwa administrasi adalh sebuah pembukuan baik itu perhitungan ataupun pencatatan. Semoga penjelasan yang diberikan dapat bermanfaat bagi para pembaca artikel ini, terimakasih. 🙂